Date: 20-01-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISIS PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUçEçWARA MALANG ANGKATAN 2008)

Detail
Author Lia Sagita Christiana
Category Manajemen Sumber Daya Manusia

Abstract

Dapat kita lihat di era yang semakin modern ini tekhnologi berkembang dengan luar bia sa pesatnya dan bidang penididikan termasuk salah satu diantara yang tekena imbasnya. Banyak sekali lembaga pendidikan yang sudah menggunakan metode pembelajaran dengan memanfaatkan tekhnologi yang ada, salah satunya adalah IT. Metode bebrbasis IT banyak k ita temui saat ini dan STIE Malangkuçeçwara merupakan salah satu yang menggunakan metode tersebut dalam kegiatan belajar mengajarnya. Metode tersebut dapat memacu motivasi mahasiswa dalam belajar dengan berbagai keunggulan dan manfaatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran berbasis IT yang terdiri dari e-learning, edmodo dan blog secara simultan dan parsial terhadap motivasi bela jar mahasiswa dan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran berbasis IT yang terdiri dari e-learning, edmodo dan blog secara parsial yang dominan pengaruhnya terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah correlation research dengan metode hipotesis asosiatif, yaitu jawaban sementara terhadap rumusan masalah asosiatif, yaitu menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian hipotesis pertama, didapat bahwa pengujian terhadap Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat dijelaskan melalui besarnya Fhitung 16,727 > F-tabel (n-k-1) 2,81 pada taraf nyata a = 0,05 dengan df (K3:N50) dan diperoleh tingkat siginifikansi 0,000 yang < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Analisis hipotesis II yang menduga ada pengaruh secara parsial antara peubah bebas terhadap peubah terikat terbukti sehingga keputusan terhadap Ho ditolak dan menerima Ha. Sedangkan peubah bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap peubah motivasi belajar yaitu e-learning (X1)