Date: 08-08-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISA KINERJA KEUANGAN DAN SAHAM PRA DAN PASCA SEASONED EQUITY OFFERINGS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DAN JASA BUKAN KEUANGAN YANG LISTED DI BEI

Detail
Author Kristoforus Advent Sutiono
Category Manajemen Perbankan

Abstract

Perusahaan yang terdaftar di pasar modal ada kalanya membutuhkan dana segar lagi jika sumber internal maupun pinjaman dari bank dianggap kurang memadai. Untuk mendapatkan dana tambahan tersebut, perusahaan dapat melakukan penawaran saham kembali kepada investor dengan berbagai cara penawaran, salah satunya adalah dengan melakukan seasoned equity offering. Seasoned equity offering adalah penawaran saham tambahan diluar initial public offering. Perusahaan yang melakukan SEO cenderung untuk mengalami underperformance pada tahun-tahun setelah SEO. Berdasarkan pada penelitian terdahulu, underperformance terjadi pada periode 3 tahun sampai dengan 5 tahun setelah SEO. Underperformance (penurunan kinerja) terjadi pada kinerja keuangan dan kinerja saham sehingga untuk mengetahui terjadi underperformance atau tidak pada perusahaan SEO, kinerja keuangan dan kinerja saham harus dinilai. Untuk menilai kinerja keuangan dan kinerja saham maka digunakan beberapa variabel. Kinerja keuangan pada penelitian ini diukur dengan menggunakan variabel current ratio, solvabilitas, net profit margin, return on iii asset, dan total asset turnover. Sedangkan kinerja saham dapat diukur dengan menggunakan variabel return saham. Dengan mengukur kinerja tersebut diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi pengetahuan tentang SEO. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mencari bukti empiris apakah kinerja keuangan dan kinerja saham akan mengalami underperformance pasca SEO. Sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dan Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode purpossive sampling sedangkan metode analisis yang digunakan adalah uji beda sampel berpasangan yang digunakan untuk membandingkan kinerja keuangan dan kinerja saham perusahaan sebelum dan setelah SEO.