Date: 18-01-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PELAKSANAAN PENYALURAN PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DALAM RANGKA MEMBANTU PERMODALAN DAN MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA UMKM PADA PT BANK JATIM CABANG MALANG

Detail
Author Rury Puspitasari
Category Manajemen Perbankan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan prosedur pelaksanaan kredit usaha rakyat (KUR) pada PT Bank Jatim Cabang Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu melalui wawancara dan dokumentasi. Metode analisis dilakukan secara kualitatif dengan analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KUR dibagi menjadi 2 yaitu KUR Mikro dan KUR Ritel. KUR Mikro adalah KUR dengan plafon maksimal Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) sedangkan KUR Ritel adalah KUR dengan plafon diatas Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) sampai dengan Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah). Pelaksanaan pemberian kredit usaha rakyat pada PT Bank Jatim Cabang Malang melalui beberapa tahapan yaitu tahap permohonan, tahap identifikasi permohonan kredit, tahap analisis kredit/tahap pemeriksaan, tahap pemeriksaan putusan kredit/tahap realisasi, tahap perjanjian kredit & pencairan kredit/akad kredit, dan tahap yang terakhir yaitu tahap supervisi. Adapun permasalahan/kendala yang timbul didalam pelaksanaan penyaluran KUR pada PT Bank Jatim Cabang Malang ini yaitu calon debitur memiliki history kredit tidak baik yang terlihat dari hasil BI checking/SID, calon debitur memiliki karakter yang tidak baik, dan agak menurunnya jumlah debitur KUR.