Date: 07-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISIS MULTI ATRIBUT YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI BELANJA KONSUMEN SECARA ONLINE ( STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA MALANG

Detail
Author KIKI AMEILIA RUSDIANI K.2007.1.30650
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Perkembangan internet dewasa ini telah mencapai tingkat yang sangat mengagumkan sejak pertama kali internet dikenalkan kepada publik. Dalam dunia perekonomian, internet telah berhasil mengembangkan konsep bisnis konvensional kepada konsep bisnis berbasis internet yang dikenal dengan e-business dan e-commerce. Salah satu konsep bisnis yang perlahan-lahan mulai berubah adalah budaya pembelian barang atau yang biasa disebut berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris pengaruh waktu, harga, pelayanan dan alternatif terhadap preferensi belanja online. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan 150 orang responden yang diperoleh dengan teknik sampling nonprobabilitas jenis sampling convenience dan sampling bola salju (snow-ball sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel waktu dan alternatif yang berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi belanja. Hasil tersebut dapat berubah apabila sampel yang digunakan berbeda. Variabel waktu dan variabel alternatif adalah variabel pembentuk preferensi belanja online yang paling krusial, sehingga seyogyanya produsen meminimalkan waktu pemesanan barang dan memberikan banyak alternatif pilihan dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi.