Date: 07-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ACER (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUçEçWARA MALANG

Detail
Author DWI ADI PAMUNGKAS K.2007.1.30729
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Produk sebagai salah satu bagian dari bauran pemasaran merupakan salah satu yang tidak luput untuk dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat menarik dan mempengaruhi konsumen agar melakukan pembelian. Pada saat ini persaingan dalam dunia produsen Laptop Merek Acer tidak lagi bertumpu pada harga tetapi lebih bertumpu pada produknya. Atribut produk (merek, kemasan, labeling, layanan pelengkap, dan jaminan) merupakan salah satu elemen dari produk memiliki fungsi penting yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian seseorang terhadap suatu barang yang ditawarkan oleh produsen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana atribut produk yang terdiri dari merek, kemasan, labeling, layanan pelengkap, dan jaminan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian Laptop Merek Acer, dan untuk mengetahui atribut produk manakah di antara merek, kemasan, labeling, layanan pelengkap, dan jaminan yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian Laptop Merek Acer. Jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 62 orang mahasiswa yang telah menggunakan produk laptop merk Acer. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling yaitu siapa saja yang secara kebetulan ditemui peneliti dapat dijadikan sampel dengan catatan orang yang ditemui respresentatif untuk dijadikan responden Hasil pengujian hipotesis pertama yang menyatakan bahwa Variabel bebas yang terdiri atas Variabel Merek (X1), Kemasan (X2), Label (X3), Layanan Pelengkap (X4) dan Jaminan (X5) secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), karena nilai F hitung 17,604 lebih besar dari F tabel 2,37 pada tingkat signifikan 5%, Berdasarkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,782 dan determinasi berganda (R²) sebesar 0,611 berarti 61,1% Keputusan Pembelian disebabkan oleh perubahan Variabel Merek (X1), Kemasan (X2), Label (X3), Layanan Pelengkap (X4) dan Jaminan (X5) secara bersama-sama dan sisanya yang 38,9% atau 0,389 disebabkan oleh Variabel lain yang tidak termasuk model dalam penelitian ini. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa variabel merek mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Karena variabel Merek (X1) mempunyai nilai koefisien regresi sebesar 0,237 lebih besar jika dibandingkan dengan Variabel Kemasan (X2) mempunyai nilai koefisien regresi paling tinggi yaitu sebesar 0,146, Label (X3) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,105, Layanan Pelengkap (X4) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,170 dan Jaminan (X5) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,183. Karena Variabel Merek (X1) mempunyai koefisien lebih tinggi dibanding Variabel Kemasan (X2), Label (X3), Layanan Pelengkap (X4), dan Jaminan (X5). Sehingga dapat dijelaskan bahwa variabel Merek (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dapat diterima. Hasil uji t hitung Variabel Merek (X1) sebesar 5,119, Kemasan (X2) sebesar 3,380, Label (X3) sebesar 2,415, Layanan Pelengkap (X4) sebesar 3,512, dan Jaminan (X5) sebesar 4,112 lebih besar dari t tabel sebesar 1,663, maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima artinya hipotesis yang menyatakan bahwa variabel merek mempunyai pengaruh paling signifikan terhadap variabel terikat dapat diterima.