Date: 06-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISIS KEBIJAKAN-KEBIJAKAN YANG MENDASARI PENETAPAN ANGGARAN PROMOSI PADA PERUSAHAAN FRANCHISE (STUDI PADA C?BEZT FRIED CHICKEN CABANG SUMBERSARI MALANG)

Detail
Author WINDA WIJAYA A.2008.1.30954
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Anggaran adalah suatu rencana dalam satuan moneter yang digunakan oleh perusahaan sebagai tolak ukur dari kegiatan yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Dalam penetapan suatu anggaran terutama anggaran promosi diperlukan suatu kebijakan-kebijakan yang dapat digunakan sebagai acuan dalam penetapannya agar dapat berdampak positif bagi setiap perusahaan begitu juga di perusahaan franchise. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kebijakan yang mendasari penetapan anggaran promosi pada perusahaan franchise. Manfaat penelitian ini adalah agar perusahaan lebih berhati-hati lagi dalam mengambil kebijakan-kebijakan dalam penetapan anggaran promosi sehingga dapat bermanfaat bagi perusahaan. Disisi lain para pengambil kebijakan dapat memperhatikan tujuan dan strategi yang mempengaruhi keberhasilan promosi mereka sehingga dapat memanfaatkan biaya promosi sebagai investasi yang menguntungkan perusahaan bukan sebagai biaya pemborosan semata. Penelitian dilakukan terhadap sebuah perusahaan franchise di kota malang yakni C?Bezt fried chicken Sumbersari. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Dengan menggunakan teknik analisa ini akan dapat diketahui bagaimana kebijakan-kebijakan yang dilakukan perusahaan dalam penetapan anggaran promosi di perusahaan franchise. Hasil dari penelitian diketahui bahwa dari hasil wawancara dan data yang diperoleh, C?Bezt fried chicken Sumbersari dalam menentukan atau menerapkan kebijakan untuk penetapan anggaran promosi didasarkan pada metode penyusunan anggaran berdasarkan sasaran dan tugas, dan setiap promosi yang dilakukan setiap bulannya bersifat fleksibel atau berubah-ubah tergantung dengan event yang ada pada bulan tersebut serta tujuan perusahaan selanjutnya berkaitan dengan omzet penjualan. Selain itu perusahaan juga mengganggap bahwa biaya yang dikeluarkan untuk promosi sebaga investasi jangka panjang bukan sebagai beban perusahaan.