Date: 20-03-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENERAPAN MATRIKS QSPM UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA RUMAH SAKIT BAPTIS BATU

Detail
Author RUDOLF ELEAZAR K.2008.1.31077
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Strategi merupakan hal unsur yang penting dalam dunia usaha karena menghadapi berbagai persaingan yang ada maupun yang terus bermunculan. Banyak terjadinya perubahan dan kemajuan informasi dn teknologi turut juga membantu dalam perubahan arah dan kebijakan dalam strategi perusahaan dan salah satu strategi yang sangat penting dan harus selalu mengalami perubahan maupun ketepatan adalah strategi pemasaran. Penelitian ini dilakukan pada Rumah Sakit Baptis Batu, penelitian menggunakan Matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks) yang berdasarkan konsep strategi Fred R. David beserta dengan variabel lainnya juga yaitu Analisis Matriks SWOT, Matriks SPACE (Strategic Position and Action Evaluation), Matriks IE (Internal-Eksternal) dan juga Matriks IFE dan EFE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana posisi Rumah Sakit Baptis Batu dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat dan efektif guna meningkatkan pemasarannya. Berdasarkan hasil analisis faktor Internal dapat diketahui bahwa untuk faktor internalnya dapat diidentifikasikan kekuatan dan kelemahan pada Rumah Sakit Baptis Batu. Kekuatan perusahaan adalah kualitas SDM yang baik, kualitas pelayanan yang baik sebagai standar dalam Rumah Sakit Baptis Batu yang juga menjadi visi misinya, teknologi yang lengkap, suasana lingkunga rumah sakit yang alami, dapat menerima berbagai jenis asuransi apapun dan melakukan promosi layanan kesehatan itu menjadi kekuatan yang Rumah Sakit Baptis batu miliki. Sedangkan kelemahan perusahaan perusahaan adalah investasi barang yang masih kurang, lokasi Rumah Sakit Baptis Batu yang tidak berada di pusat kota, sistem informasi manajemen yang belum optimal, anggaran pemasaran yang kecil dan juga batasan rumah sakit dalam beriklan yang menjadi kelemahan Rumah Sakit Baptis Batu. Berdasarkan hasil analisis faktor eksternal, dapat diidentifikkasi peluang dan ancaman dari luar lingkungan Rumah Sakit Baptis Batu. Peluang perusahaan adalah kebijakan pemerintah, teknologi yang baru, pertumbuhan ekonomi yang baik, jumlah penduduk bertambah dan budaya masyarakat setempat, dan keterbatasan dalam memasang iklan. Sedangkan ancaman perusahaan adalah persaingan yang ketat, budaya masyrakat tentang pemahaman kesehatan, kebijakan yang berubah-ubah Sedangkan alternatif strategi yang terpilih melalui Matriks QSPM, strategi agresif yang mencakup strategi intensif, integrasi. Dari kedua alternatif strategi yang telah dipilih, strategi intensif merupakan pilihan utama untuk diimplementasikan, kemudian diikuti strategi integrasi vertikal