Date: 20-09-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Distro “Recover” Malang

Detail
Author Novan Prasetyo Nugroho
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Distro “RECOVER” Malang mengalami persaingan yang cukup ketat dari perusahaan sejenis, jika tidak mampu meningkatkan kualitas produknya, maka pelanggan akan berpindah ke distro yang lain yang menyediakan produk lebih bagus, menarik dan sesuai dengan keinginan pelanggan. Oleh karena itu, perhatian terhadap kualitas produk khususnya variabel atribut produk (mutu, merek, kemasan dan label) harus menjadi perhatian utama, agar konsumen dapat terpenuhi kebutuhan dan keinginannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk (mutu, merek, kemasan dan label) terhadap keputusan pembelian konsumen dan untuk mengetahui variabel atribut produk yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen. Sampel penelitian sebesar 62 orang pelanggan Distro “RECOVER” Malang yang membeli pakaian untuk digunakan sendiri hingga September 2011. Hasil penelitian membuktikan bahwa mutu, merk, kemasan dan label berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian konsumen. Serta variabel mutu (X2) berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian.