Date: 24-01-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menginap di Hotel

Detail
Author Roby Octavio K.2008.30935
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah bauran pemasaran jasa secara simultan mempunyai hubungan dan pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk menginap di Splendid Inn Malang dan untuk mengetahui variabel bauran pemasaran jasa yang mempunyai hubungan dan pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen untuk menginap di Splendid Inn Malang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, korelasi parsial, Uji F dan uji t. Dari hasil analisis deksripsi responden dapat disimpulkan bahwa dari 59 orang yang diteliti, jumlah laki-laki dan perempuan hampir sama, termasuk orang dewasa, berasal dari luar kota Malang, berpendidikan relative tinggi dan memiliki pendapatan relative tinggi (diatas 4 juta) serta bekerja sebagai manajer dan wiraswasta. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa: (1) Hipotesis I yang menyatakan bahwa peubah produk, harga, lokasi, promosi, karyawan hotel, proses, bukti fisik dan pelayanan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peubah keputusan konsumen untuk menginap di Hotel Splendid Inn Malang dapat diterima (F hitung lebih besar dari F tabel dan nilai p kurang dari 0,05). (2) Besarnya sumbangan semua peubah produk, harga, lokasi, promosi, karyawan hotel, proses, bukti fisik dan pelayanan pelanggan terhadap keputusan konsumen untuk menginap di Hotel Splendid Inn Malang sebesar 0,977 atau 97.7% dimana sisanya sebesar 2,3% dipengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak diikutkan dalam penelitian ini. (3) Secara parsial, produk, harga, lokasi, promosi, karyawan hotel, proses, bukti fisik dan pelayanan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen untuk menginap di Hotel Splendid Inn Malang karena memiliki nilai t hitung (tx1= 4,154; tx2= 3,985; tx3= 3.989; tx4= 2,765; tx5= 3,053; tx6= 2.999; tx7= 3,795; tx8= 3.278) lebih besar dari t tabel (1,6753). 4) Hipotesis II yang menduga bahwa produk (X1) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan konsumen untuk menginap di Hotel Splendid Inn Malang (Y) dapat diterima (koefisien regresi sebesar 0,183 dan koefisien korelasi parsial terbesar yaitu 0,507).