Date: 06-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

Evaluasi Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit Jiwa DR Radjiman Wediodiningrat Lawang

Detail
Author RIBUT SUPRIYATIN S.2010-2.00233
Category Manajemen Sumber Daya Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui evaluasi kualitas pelayanan di RSJ dr Radjiman Wediodiningrat Lawang di tinjau dari lima dimensi kualitas pelayanan dengan pendekatam SERVQUAL meliputi: bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. (2) mengetahui profil kualitas pelayanan RSJ. dr Radjiman Wediodiningrat Lawang dari masing-masing dimensi, (3) mengetahui rancangan program service excellent bagi RSJ. dr Radjiman Wediodiningrat Lawang. Penelitian ini mengambil lokasi pada Rumah Sakit Jiwa dr Radjiman Wediodiningrat Lawang dengan unit analisisnya adalah pasien yang memiliki kreteria yang telah ditentukan atau keluarga yang mengetahui kondisi pasien, baik yang berada di unit kerja rawat inap maupun rawat jalan. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik Quota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Penelitian ini setiap item dilakukan analisis dengan penghitungan data dengan menggunakan frekuensi dan presentase. Sebanyak 32 item sebagai instrumen pokok dalam daftar pertanyaan yang diuraikan dari lima dimensi kualitas pelayanan yang telah di modifikasi dengan pedoman dari MENPAN no KEP.25/M.PAN/2/2004 dengan 14 indikator yang digunakan untuk mengumpulkan data baik melalui wawancara maupun yang diisi oleh responden. Hasil penelitian dari penghitungan data ini diperoleh nilai terendah 80 % dan tertinggi 99 % dengan nilai rata-rata 93% dengan kreteria sangat baik.