Date: 20-09-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENGUKURAN KINERJA PT. BPR Adiartha Reksacitra Singosari

Detail
Author VANESSA MARCHELLINE SANTOSA A.2009.1.31248
Category Akuntansi Manajemen dan SIA

Abstract

Dalam suatu dunia bisnis pasti ada persaingan antara perusahaan satu dnegan yang lain, akan tetapi kebutuhan penilaian kinerja dalam suatu perusahaan semakin komplek seiring dengan ketatnya persaingan tersebut. Persaingan tersebut yang mendoirong perusahaan untuk melakukan kinerja hanya berdasarkan aspekkeuangan saja, padahal aspek non keuangan seperti pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan itu juga sangat penting bagi kemajuan suatu perusahaan Hasil penelitian yang dilakukan cukup bagus dilihat dari segi keuangan yang mengalami fluktuasi tapi dapat diatasi ratio-ratio yang lain, sedangkan dari segi keuangan mengalami fluktuasi sehingga perusahaan dapat dikatakan dapat berjalan dengan baik. Meskipun LDR diatas rata-rata tapi diimbangi dengan ROE dan ROAyang cukup memuaskan. Sedangkan diposisi non keuangan juga sangat baik dilihat dari rasio Number of Complain yang semakin menurun dan Customer Retention yang semakin meningkat dimana rasio ini menggambarkan usaha perusahaan dalam mensejahterahkan nasabahnya, dilihat juga dari sisi karyawannya yang juga mengalami hal yang sangat memuaskan, yakni dilihat dr sisi Trained Employee yang merupakan usaha perusahaan dalam mensejahterakan karyawannya, selain itu ada juga Absenteeism sebagai tolok ukur kedisiplinan karyawannya, selain itu juga ada Employee Retention sebagai pengukur tingkat kesejahteraan karyawan PT. BPR Adiartha Reksacitra