Date: 20-09-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENERAPAN NILAI-NILAI ISLAM PADA BANK BERBASIS SYARIAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Malang)

Detail
Author NOVANDO KURNIANSAH PENI PUTRA K.2007.1.30583
Category Akuntansi dan Bisnis Syariah

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah penerapan nilai-nilai Islam pada bank berbasis syariah yang terdiri dari prinsip keadilan, rasa kebersamaan dan prinsip jaminan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, dan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Islam pada bank berbasis syariah yang terdiri dari prinsip keadilan, rasa kebersamaan dan prinsip jaminan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri Malang dengan jumlah nasabah selama bulan Maret sebanyak 4022 orang. Jumlah sampel yang dijadikan dalam penelitian ini adalah sebanyak 98 nasabah. Teknik pengambilan sampel Accidental sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara kebetulan artinya siapa saja yang kebetulan datang di Bank Syariah Mandiri. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel prinsip keadilan (X1), prinsip kebersahaan (X2), prinsip jaminan (X3) dan prinsip kemandirian (X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap terhadap loyalitas nasabah bank syariah di Kota Malang (Y), karena Hasil uji F menunjukkan F hitung sebesar 33,50 lebih besar dari F tabel 2,50 dengan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari ?=5%, maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. Dan hasil uji koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,573 atau 57,3% loyalitas nasabah bank syariah di Kota Malang (Y) mampu dijelaskan oleh variabel prinsip keadilan (X1), prinsip kebersahaan (X2), prinsip jaminan (X3) dan prinsip kemandirian (X4) dan sisanya sebesar 42,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan variabel prinsip keadilan (X1), prinsip kebersahaan (X2), prinsip jaminan (X3) dan prinsip kemandirian (X4) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah bank syariah di Kota Malang (Y). Hal ini dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan t hitung variabel prinsip keadilan (X1) sebesar 2,723, prinsip kebersahaan (X2) sebesar 2,249, prinsip jaminan (X3) sebesar 2,199, prinsip kemandirian (X4) sebesar 2,023 lebih besar (>) dari t tabel 1,662 atau mempunyai tingkat signifikan lebih kecil (<) dari ?=5%, maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. dapat dibuktikan. Dan hasil uji koefisien regresi (B) variabel Prinsip Keadilan sebesar 0,191 lebih besar daripada variabel Prinsip kebersamaan (X2) sebesar 0,182, Prinsip jaminan (X3) sebesar 0,177, dan prinsip kemandirian (X4) sebesar 0,148. Jadi dapat dijelaskan bahwa variabel prinsip keadilan berpengaruh dominan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah di Kota Malang. Disarankan setiap bank syariah diharapkan lebih mensosialisasikan dan mempromosikan bank syariahnya. Baik prinsip nilai-nilai Islam pada bank berbasis syariah maupun yang lainnya. Misalnya keunggulan bank syariah, manfaat dan keuntungan menjadi nasabah bank syariah, produk-produk bank syariah, fasilitas pelayanan yang tersedia, penambahan jaringan ATM, penambahan kantor cabang, melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah untuk perluasan jaringan dll.