Date: 26-05-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. WAHANA PRESTASI LOGISTIK (Studi pada perusahaan jasa pengiriman barang PT. Wahana Prestasi Logistik Malang)

Detail
Author TIKA NATALIA K.2009.1.31253
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan bisnis jasa pengiriman barang yang semakin ketat dari waktu ke waktu, sehingga perusahaan-perusahaan jasa pengiriman barang harus membuat strategi-strategi untuk menarik perhatian dan mendapatkan loyalitas pelanggan. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah faktor kualitas pelayanan, harga dan lokasi berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan PT. Wahana Prestasi Logistik ?”. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan terhadap suatu perusahaan jasa pengiriman barang khususnya pada para pelanggan yang telah menggunakan jasa pengiriman barang PT. Wahana Prestasi Logistik di Malang. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel independen ( kualitas pelayanan, harga dan lokasi ) terhadap variabel dependen ( loyalitas pelayanan ). Dan untuk mengetahui faktor manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui kuisioner terhadap 68 orang responden pengguna jasa pengiriman barang PT. Wahana Prestasi Logistik di Malang “Jalan Ki Ageng Gribig ruko blok E8 no 39” dengan menggunakan teknik non probability sampling dan pengambilan jumlah responden dilalukan melalui teknik accidental sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi ( R2 ). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = -1,994 + 0,384 X1 + 0,435 X2 + 0,189 X3 Hasil analisis mendapatkan bahwa ketiga faktor kualitas pelayanan, harga dan lokasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa tiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen loyaliras pelanggan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan, harga dan lokasi berpengaruh secara signifikan secara bersama-sama dalam loyalitas pelanggan. angka Adjusted R square sebesar 0,871 menunjukkan bahwa 87,1% variasi loyalitas pelanggan bisa dijelaskan oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 12,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.