Date: 20-03-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PERFORMANCE IN SERVICE MARKETING DI CELLMARK ASIA PTE LTD

Detail
Author AGITHA MAHARDIKA HARDIYANI K.2009.1.31271
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Pertumbuhan sektor jasa yang begitu cepat mendorong perusahaan yang bergerak dalam bidang tersebut untuk berlomba-lomba meningkatkan kualitas pelayanan dan mempertahankan posisi bersaingnya dengan menunjukkan kapabilitas yang baik dalam berkompetisi terutama di bidang jasa. Hal ini dapat dilihat dalam hubungan antara customer dengan perusahaan penyedia layanan yang merupakan salah satu bentuk keberhasilan dalam mengelola perusahaan jasa tersebut. Oleh karena itu, untuk membangun serta menjaga hubungan jangka panjang antara penyedia jasa dengan customer. Pemasar dalam bidang jasa diperlukan untuk memahami layanan yang diharapkan oleh customer mengenai jasa yang diberikan (expected service) sehingga customer dapat merasakan pelayanan jasa yang diberikan dengan baik sesuai dengan harapan customer. Beberapa pendekatan mengenai service modeling diantaranya yaitu molecular model of service mengenai hal-hal yang perlu dipertimbangkan yang tentunya mempengaruhi terhadap servis atau pelayanan.Selain itu terdapat pula kualitas layanan sebagai dukungan untuk kinerja dalam pemasaran dimana dalah hal ini terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan kepada customer perusahaan sehingga dapat dilihat bagaimana hubungan antara perusahaan dan customer dimana hal tersebut juga berpengaruh terhadap persepsi kualitas jasa. Untuk mengetahui pengaruh hubungan antara customer dengan penyedia jasa melalui beberapa pendekatan yang ada maka dilakukan survey di perusahaan service provider pulp and paper yaitu CellMark Asia PTE LTD. Serta, apakah customer selama ini merasakan kualitas pelayanan terbaik yang diberikan oleh CellMark Asia PTE LTD ? Dalam survey yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa dengan adanya beberapa pertanyaan mengenai dimensi-dimensi yang menjadi sebuah dukungan dalam kinerja pemasaran. Diantaranya terdapat di dalam aspek pre-sales service, delivery sevice dan post sales para customer merasakan kualitas pelayanan yang baik sesuai dengan jumlah rata-rata jawaban kuisioner yang diberikan. Serta perusahaan melakukan beberapa aspek dalam molecular model of service yang berpengaruh terhadap servis dan pelayanan perusahaan tersebut. Sehingga dari hasil tersebut didapatkan bahwa para customer dapat merasakan layanan yang bai sebagai akibat dari interaksi antara perusahaan dengan customer.