Date: 06-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

KAJIAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO EMAS BAROKAH MALANG

Detail
Author SOFI SETIAWAN K.2009.1.31328
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Persaingan bisnis emas saat ini semakin ketat, karena banyak toko penjual emas yang muncul sebagai akibat dari tingkat kebutuhan masyarakat yang meningkat. Selain itu ketatnya persaingan pada bisnis logam mulia (emas) juga ditandai dengan semakin banyaknya model atau bentuk produk emas yang terus menerus bermunculan di pasaran dengan tawaran kualitas produk yang beragam, harga yang terjangkau, serta didukung oleh promosi dan saluran distribusi yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara simultan dari bauran pemasaran yang terdiri dari variabel produk, harga, tempat dan promosi terhadap keputusan pembelian di Toko Emas Barokah Malang, untuk mengetahui pengaruh secara parsial dari bauran pemasaran yang terdiri dari variabel produk, harga, tempat dan promosi terhadap keputusan pembelian di Toko Emas Barokah Malang, dan untuk mengetahui di antara empat variabel produk, harga, tempat dan promosi, yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian di Toko Emas Barokah Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung di Toko Emas Barokah. Jumlah sampel yang di jadikan dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 pelanggan. Teknik pengambilan sampel Accidental sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara kebetulan artinya siapa saja yang kebetulan datang di Toko Emas Barokah Malang dapat dijadikan sampel dalam penelitian ini asal pelanggan tersebut representatif untuk dijadikan sampel. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan F hitung 20,800 lebih besar dari F tabel 2,32 yang berarti bahwa Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), dan Promosi (X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Emas Barokah Malang dapat dibuktikan. Adjusted R2 sebesar 0,517 artinya 51,7% keputusan pembelian di Toko Emas Barokah Malang mampu dijelaskan oleh peubah Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), dan Promosi (X4) dan 48,3% atau 0,483 disebabkan oleh peubah lain yang tidak diamati. Hasil uji t menunjukkan bahwa t hitung peubah Produk (X1) sebesar 5,930, Harga (X2) sebesar 2,403, Tempat (X3) sebesar 3,838, Promosi (X4) sebesar 2,708 lebih besar (>) dari t tabel 1,661 dengan tingkat signifikan kurang dari (<) 5%, peubah Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), dan Promosi (X4) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Emas Barokah Malang dapat dibuktikan. Peubah Produk (X1) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian di Toko Emas Barokah Malang, karena koefisien regresi peubah Produk lebih besar dari pada Harga (X2), Tempat (X3), dan Promosi (X4).