Date: 13-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH KOMPONEN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP TOSHIBA PADA MAHASISWA STIE MALANGKUÇEÇWARA M A L A N G

Detail
Author METHODIUS YOHANES K. 2012.1.32071
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Toshiba mempunyai brand image yang baik dikalangan mahasiswa. Selain itu laptop Toshiba mempunyai beberapa kelebihan daripada produk pesaingnya yaitu: fitur sederhana sehingga mudah dioperasikan, khususnya bagi yang belum terbiasa dengan komputer jinjing, layanan purna jual yang lebih luas karena Toshiba mempunyai latar belakang produk rumah tangga merek Toshiba lebih ada terlebih dahulu sehingga merek Toshiba dipercaya dari segi kualitas, harga jual laptop Toshiba tinggi karena didukung oleh brand image Toshiba yang didukung oleh nama perusahaan, penampilan produknya yang menarik yang merupakan kelebihan tersendiri dari laptop Toshiba. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komponen brand image yang terdiri dari peubah citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Laptop Toshiba pada mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang, untuk mengetahui komponen brand image yang terdiri dari peubah citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian Laptop Toshiba pada mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang, dan untuk mengetahui peubah komponen brand image yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian Laptop Toshiba pada mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa yang masih aktif kuliah di STIE Malangkuçeçwara Malang tahun 2012 sebanyak 648 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Dengan mengambil 15% dari jumlah populasi yakni 648, maka jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 orang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Citra pembuat (X1), Citra pemakai (X2) dan citra produk (X3) secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Laptop Toshiba pada Mahasiswa STIE Malangkucecwara. Hal ini dilihat dari hasil perhitungan nilai F hitung sebesar 30,432 lebih besar (>) F tabel 2,79 dengan probabilitas (p) 0,000 t tabel maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa secara parsial peubah Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2) dan Citra Produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap peubah Keputusan Pembelian Laptop Toshiba pada Mahasiswa STIE Malangkucecwara. Hasil perhitungan unstandardized coefficient (B) koefisien regresi (B) peubah citra produk sebesar 0,291 lebih besar (>) dari pada peubah Citra Pembuat (X1) sebesar 0,201, Citra Pemakai (X2) sebesar 0,225, sesuai dengan kriteria pengujian maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima artinya peubah citra produk mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian Laptop Toshiba pada mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang dapat dibuktikan.