Date: 28-09-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HUKUM PERPAJAKAN, SOSIALISASI DAN TARIF PAJAK PENGHASILAN KEPADA KEPATUHAN WAJIB PAJAK

Detail
Author Yogi Adi Bharata,
Category Akuntansi Keuangan dan Auditing

Abstract

Pajak merupakan sumber utama dana dan sebagai tulang punggung suatu negara untuk membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Seiring perkembangan waktu, kebutuhan manusia juga semakin tinggi sehingga membuat APBN juga semakin tinggi maka untuk mengimbanginya target akan penerimaan pajak juga semakin tinggi. Pada tahun 2012, untuk mencapai target tersebut pemerintah membuat jenis pajak dari sektor Pajak Penghasilan sebagai andalan untuk pencapaian target penerimaan pajak tahun 2012 , lebih tepatnya lagi yaitu jenis Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi. Dalam usahanya ini, pemerintah perlu meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak (tax payer) Orang Pribadi (WPOP) karena merupakan komponen paling penting yang mendasari Wajib Pajak mau membayar pajak. Dalam usaha meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi maka pemerintah perlu mengetahui faktor-faktor apa yang melekat dalam diri Wajib Pajak Orang Pribadi sehingga mempengaruhi tingkat kepatuhannya dalam membayar pajak. Penilitian ini dilakukan di Wilayah Kecamatan Lowokwaru Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan dan parsial antara kualitas pelayanan, hukum perpajakan, sosialisasi, dan tarif pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dan untuk mengetahui manakah di antara kualitas pelayanan, hukum perpajakan, sosialisasi, dan tarif pajak yang memiliki pengaruh secara dominan terhadap kepatuhan wajib pajak. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan memberikan pemahaman bagi wajib pajak orang pribadi untuk lebih meningkatkan kepatuhan dalam memenuhi kewajiban pajak penghasilannya. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, hukum perpajakan, sosialisasi dan tarif pajak penghasilan terhadap tingkat kesadaran wajib pajak. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan, hukum perpajakan, sosialisasi dan tarif pajak penghasilan berpengaruh terhadap tingkat kesadaran Wajib Pajak. Selain itu dapat diketahui bahwa sosialisasi yang memiliki pengaruh dominan terhadap tingkat kesadaran Wajib Pajak daripada variabel yang lain.