Date: 18-02-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH IKLAN MEDIA TELEVISI TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA KARTU XL (STUDI PADA MASYARAKAT KELURAHAN BLIMBING MALANG)

Detail
Author AHMAD SONY SYARIF
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Persaingan antar provider GSM di Indonesia saat ini sudah sedemikian ketat, masing masing provider ini memiliki keunggulan yang berbeda yang semuanya digunakan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah ada dengan melakukan trik pemasaran yang lebih baik. Salah satu trik tersebut diantaranya menggunakan iklan media televise terutama dalam upaya mempertahankan loyalitas pelanggan. Televisi saat ini memiliki peran yang sangat besar di dalam kehidupan masyarakat, apakah itu perannya dalam memberikan informasi, hiburan, pendidikan, dan sebagainya. Televisi memiliki daya tarik yang luar biasa yang dapat mempengaruhi sikap, persepsi, hingga tingkah laku pemirsanya. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh iklan media televisi yang terdiri dari pemberian informasi, persuasif, pengingat dan daya tarik iklan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan kartu XL dan untuk mengetahui pengaruh iklan media televisi yang terdiri dari pemberian informasi, persuasif, pengingat dan daya tarik iklan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan kartu XL. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional, teknik pengumpulan data dengan kuisioner yang disebarkan kepada 150 orang pelanggan kartu XL yang berada di Kelurahan Blimbing. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji signifikan F dan t. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pemberian informasi, persuasif, pengingat dan daya tarik iklan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan baik secara simultan maupun parsial. Besarnya proporsi atau sumbangan variabel pemberian informasi, persuasif, pengingat dan daya tarik iklan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 85.9% sedangkan sisanya 14.1% dipengaruhi oleh faktor lain. Variabel pengingat memiliki pengaruh dominan terhadap variabel loyalitas pelanggan dibandingkan variable pemberian informasi, persuasif, dan daya tarik iklan.