Date: 18-02-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry (StudiKasus Pada Mahasiswa STIE MalangkuçeçwaraMalang)

Detail
Author Dede Lesmana
Category Manajemen Sumber Daya Manusia

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang faktor internal yang mempengaruhi seseorang dalam pengambilan keputusan pembelian handphone balckberry, dimana faktor tersebut adalah motivasi, persepsi dan sikap konsumen. Motivasi merupakan kekuatan pendorong dalam diri seseorang yang memaksanya untuk melakukan suatu tindakan, Persepsi merupakan suatu proses dengan mana berbagai stimuli dipilih, diorganisir, dan diinterpretasi menjadi informasi yang bermakna. Sikap sebagai suatu evaluasi yang menyeluruh dan memungkinkan seseorang untuk merespon dengan cara yang menguntungkan atau tidak terhadap objek yang dinilai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh motivasi, persepsi, sikap konsumen terhadap keputusan pembelian handphone blackberry. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional (correlation research) yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan, apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Adanya hubungan dan tingkat variabel ini penting, karena dengan mengetahui tingkat hubungan yang ada, peneliti akan dapat mengembangkannya sesuai dengan tujuan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE Malangkucecewara Malang. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan metode non probability sampling yaitu purposive sampling. Berdasarkan purposive sampling, peneliti memilih sampel purposif secara subjektif dan dalam pemilihan sampel digunakan pertimbangan tertentu yang disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian yang dikembangkan purposive random sampling sehingga diperoleh 50 sampel mahasiswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa (1) motivasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone blackberry, (2) persepsi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone blackberry, (3) sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone blackberry.