Date: 18-02-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENERAPKAN STRATEGIC MARKETING PLUS 2000 PADA PT. FRISIAN FLAG INDONESIA

Detail
Author ADHITYA TRI NUGROHO
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah audit pemasaran dapat diterapkan untuk menetapkan strategi pemasaran sehingga dapat memenangkan persaingan. Jenis penelitian adalah studi kasus, dengan menggunakan teknik pengumpulan data interview, observasi, dokumentasi dan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif statistic, Strategic Marketing Plus 2000, Company Alignment Profile, Competitive Setting Profile dan Analisis Kesenjangan. Berdasarkan audit yang dilakukan pada Competitive Setting Profile, menunjukkan bahwa pelanggan, pesaing serta perubahan lingkungan bisnis yang dihadapi oleh perusahaan saat ini berada pada situasi yang rumit (complicated) (CSI = 3.76), dimana pada kondisi ini perusahaan dituntut untuk memperlakukan pelanggan sebagai pelanggan yang sebenarnya, selain itu pesaing sudah semakin kuat dan perubahan sudah terjadi secara kontinu dalam industri yang dihadapinya. Dilihat dari hasil audit Company Alignment Profile, nilai CAI yaitu sebesar 2.8 yang berarti Frisian Flag tergolong perusahaan tipe 2.5C (selling oriented company). Sejalan dengan meningkatnya situasi persaingan, perusahaan harus melakukan evaluasi terhadap rencana strategisnya agar dapat terus bertahan dan berkembang. Nilai CSI yang diperoleh ialah sebesar 3.76 sedangkan nilai CAP sebesar 2.8, sehingga diperoleh kesenjangan sebesar 0.96. Adanya kesenjangan negatif antara nilai Competitive Setting Indeks dan nilai Company Alignment Indeks menunjukkan bahwa strategi, taktik dan nilai yang diterapkan oleh perusahaan selama ini masih tertinggal dengan kondisi riil yang dihadapi perusahaan. Berarti Frisian Flag perlu melakukan perubahan-perubahan dalam hal strategi, taktik dan nilai pemasaran untuk membawa perusahaan sesuai dengan tingkat persaingan pada lima tahun yang akan datang.