Date: 18-02-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIF BELANJA SECARA ONLINE DI ONLINE SHOP DE’LUXURIOUS

Detail
Author DONI EKA PUTRA
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin maraknya belanja online melalui berbagai media, yakni Facebook, Twitter, dan Blackberry Messenger. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian ini memfokuskan pada motivasi belanja online pada toko online De’Luxurious. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah friendlist Facebook, follower Twitter, dan kontak Blackberry Messenger. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik Probability Sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis uji validitas, uji reliabilitas, linier regresi berganda, uji f, uji t, uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y= --4,418 + 0,079 X1 + 0,064 X2 + 0,049 X3 + 0,207 X4 Dimana variabel motivasi belanja online (Y), pengetahuan teknologi internet (X1), kepercayaan konsumen (X2), kualitas website (X3), dan kualitas pelayanan (X4). Dengan menggunakan teknik analisis linier regresi berganda didapatkan hasil bahwa 57,3% motivasi belanja online dipengaruhi dari variabel-variabel tersebut, sisanya 42,7% berasal dari faktor lain. Variabel-variabel tersebut berpengaruh secara simultan dan signifikan setelah data di teliti menggunakan uji f. Analisis juga dilakukan dengan menggunakan uji t, untuk mengetahui variabel-variabel tersebut berpengaruh secara parsial dan variabel kualitas pelayanan (X4) menjadi variabel paling dominan.