Date: 06-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH BAURAN PEMASARAN RITEL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pad Hypermarket Matos)

Detail
Author Mita Rosidha K.2009.1.31308
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahi bauran pemasaran ritel yang terdiri dari Merchandising, Basic principles, dan Services secara simultan maupun parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen pada Hypermart MATOS Malangdan manakah diantara variabel Merchandising, Basic principles, dan Services yang berpengaruh dominan terhadap Kepuasan Konsumen pada Hypermart MATOS Malang. Populasi dalam penelitian adalah pengunjung hypermat MATOS dengan jumlah total pengunjung selama 1 bulan sebanyak kurang lebih 1.120 orang/bulan. Sehingga dapat ditentukan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 112 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling yaitu pengambilan sampel secara kebetulan artinya siapa saja orang yang datang berbelanja di hypermat MATOS dapat disajikan sampel catatan orang tersebut representative untuk dijadikan responden. Hasil pengujian membuktikan bahwa variabel bebas yang terdiri atas Merchandising (X1), Basic Principles (X2), Service (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen berbelanja di Hypermart Matos, karena hasil pengujian dengan menggunakan uji F, menunjukkan bahwa F hitung sebesar 42,618 lebih besar dari F tabel sebesar 2,40 pada tingkat signifikan 5% maka keputusan terhadap Ho ditolak atau Ha diterima artinya terbukti bahwa variabel Merchandising (X1), Basic Principles (X2), Service (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) berbelanja di Hypermart Matos. Hasil R2 (Adjusted R Square) = 0,529 dapat dikatakan bahwa 52,9% kepuasan pelanggan berbelanja di Hypermart Malang Town Square (Matos) (Y) mampu dijelaskan oleh variabel Merchandising (X1), Basic Principles (X2), Service (X3) secara bersama-sama dan sisanya yang 47,1% atau 0,471 disebabkan oleh variabel lain yang tidak termasuk model dalam penelitian ini. Hasil penelitian membuktikan variabel Merchandising (X1), Basic Principles (X2), Service (X3) secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) berbelanja di Hypermart matos. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh t hitung variabel Merchandising (X1) sebesar 5,823 (p=0,000), variabel Basic Principles (X2) 4,017 (p=0,000), variabel Service (X3) sebesar 5,220 (p=0,000) lebih besar (>) dari t tabel sebesar 1,669 dengan (p) < 5%, artinya variabel Service (X3) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen berbelanja di Hypermart Matos dapat dibuktikan. Hasil penelitian membuktikan bahwa koefisien regresi variabel Merchandising (X1) mempunyai nilai koefisien regresi (b) sebesar 0,282 lebih besar daripada variabel bebas Basic Principles (X2) sebesar 0,239, Service (X3) sebesar 0,160 artinya bahwa Merchandising mempunyai pengaruh dominan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) berbelanja di Hypermart Matos dapat diterima.