Date: 06-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus PT. Indo Te Sheng Surabaya)

Detail
Author Chatarina Ari Puspa
Category Manajemen Sumber Daya Manusia

Abstract

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi adalah faktor penting dalam setiap aktivitas dan aspek yang ada di dalam perusahaan. Gaya kepemimpinan dan budaya organisasi termasuk dalm bahasan perilaku organisasi, apabila perilaku organisasi berjalan dengan baik maka akan berdampak pada kinerja karyawan. Pada perusahay yang mampu mengokoordinasikan karyawannya dengan baik, maka dianggap perusahaan tersebut mampu melakukan faktor-faktor perilaku organisasi dengan baik. Gaya kepemimpinan adalah salah satu faktor perilaku organisasi yang berdampak pada kinerja karyawan. Setiap pemimpin mempunyai gaya memimpinnya masing-masing. Gaya kepemimpinan yang ada dalam diri pemimpin timbul dikarenakan pemimpin tersebut sudah mendapatkan bakat atau pemimppin tersebut sudah mendapatkan pendidikan dan pengalaman yang cukup. Pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan yang paling efektif biasannya akan berdampak positif terhadap seluruh aspek dan individu di dalam perusahaan terutama karyawan. Gaya kepemimpinan dipandang efektif, bila individu di dalam perusahaan merasa termotivasi dan bebas berkarya serta dapat mengembangkan kreatifitas yang mereka miliki agar bermanfaat bagi seluruh kegiatan perusahaan maupun bagi diri sendiri secara khusus. Gaya kepemimpinan yang efektif dapat dikatakan adalah gaya kepemimpinan yang lebih terbuka kepada karyawan maupun stake holder secara keseluruhan, pemimipin mampu mengakomodasi seluruh kegiatan dengan baik dan mampu memberikan inspirasi dirinya terhadap karyawan dengan cara memberikan contoh yang baik dan tegas. Budaya organisasi juga salah satu faktor penting dalam penilaian suatu kinerja karyawan. Budaya organisasi berhubungan langsung dengan sistem, nilai, norma maupun peraturan yang berlaku di dalam perusahaan. budaya organisasi timbul dari dalam diri individu masing-masing di dalam perusahaan yang akhirnya menjadi sebuah kebiasaan