Date: 07-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH IDENTITAS GENDER, KOMUNIKASI, DAN LOYALITAS KERJA TIM AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT KANTOR AKUNTAN PUBLIK di KOTA MALANG

Detail
Author DIAH AJENG WULANDARI A.2009.1.31186
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui seberapa hubungannya identitas gender dalam tim audit terhadap kualitas audit. 2) Untuk mengetahui seberapa hubungannya komunikasi dalam tim audit terhadap kualitas audit. 3) Untuk mengetahui seberapa hubungannya loyalitas dalam tim audit terhadap kualitas audit. Populasi penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik yang ada di kota Malang yang terdapat 12 Kantor Akuntan Publik. Dan sampel yang diperoleh sebanyak 47 responden. Penelitian ini menggunakan kuisioner yang selanjutnya akan diuji menggunakan Analisis Korelasi, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Parsial (t-test), Uji parsial F (Anovab), Uji Determinan (R2) yang dibantu dengan program SPSS 16.0. Dari hasil penelitian maka dapat diketahui sebagai berikut : 1) Dari analisis korelasi dapat disimpulkan identitas gender terdapat hubungan sedang, signifikan positif terhadap kualitas audit sebesar 0.475. Komunikasi terdapat hubungan sangat kuat, signifikan positif terhadap kualitas audit sebesar 0.819. Loyalitas terdapat hubungan yang kuat, signifikan positif terhadap kualitas audit sebesar 0.728. 2) Dari analisis regresi linier berganda dapat disimpulkan dengan hasil konstanta sebesar 4.078. Koefisien regresi identitas gender sebesar 0.162. koefisien regresi komunikasi sebesar 0.525. koefisien regresi loyalitas 0.328. 3) Dari uji t-test dengan t tabel sebesar 1.684 dapat disimpulkan identitas gender t hitungnya sebesar 1.984 > t tabel 1.684 dengan signifikan 0.54 > 0.05 yang berarti identitas gender berpengaruh tetapi tidak signifikan. Komunikasi t hitungnya sebesar 4.562 > t tabel 1.684 dengan signifikan 0.000 t tabel 1.684 dengan signifikan 0.002 F tabel 5.71 yang dapat disimpulkan bahwa identitas gender, komunikasi, loyalitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap kualitas audit. 5) Dari uji Determinan yang menghasilkan R square sebesar 0.750 menunjukkan kuatnya hubungan dari ketiga variabel independen, dan Adjusted R square sebesar 0.733 yang berarti sebesar 73.3% yang menjelaskan kualitas audit adalah identitas gender, komunikasi dan loyalitas sedangkan sisanya 26.7% dijelaskan oleh variabel independen lainnya. Dengan hasil pengujian diatas maka dapat disimpulkan bahwa identitas gender, komunikasi dan loyalitas memiliki hubungan dan pengaruh terhadap Pengaruh Identitas Gender, Komunikasi Dan Loyalitas Kerja Tim Audit Terhadap Kualitas kualitas audit. Walaupun dalam identitas gender memiliki pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kualitas audit.