Date: 01-12-2021 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA ANDROID SMARTPHONE

Detail
Author Magdalena Intan Revanda
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Android yang merupakan salah satu bentuk perkembangan dalam dunia teknologi yang memiliki pangsa pasar yang cukup besar. Android berusaha memberikan performa yang baik dengan menawarkan berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan oleh konsumen. Namun di balik performanya, ternyata masih saja ada konsumen yang merasa belum puas. Banyak perusahaan IT berkembang dan berlomba-lomba menciptakan aplikasi paling canggih, yang mampu menghasilkan produk yang dapat menyentuh emosi pelanggan dan menimbulkan pengalaman positif bagi mereka. Dari uraian di atas peneliti tertarik untuk meneliti tentang experience yang dialami oleh pengguna Android smartphone untuk menganalisis seberapa besar pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Sampel penelitian ini adalah 100 mahasiswa STIE Malangkuçeçwara yang telah menggunakan Android smartphone minimal selama 3 bulan. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan software SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Experiential marketing berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna Android smartphone. 2) Kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna Android smartphone. 3) Experiential marketing berpengaruh secara sigifikan terhadap kepuasan pelanggan pengguna Android smartphone.