Date: 01-12-2021 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG JENIS ANDROID ( Studi pada Mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang )

Detail
Author Nurani Wahyu Hernawati
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh bagi konsumen dalam membuat keputusan pembelian. Variabel independent terdiri dari Kualitas Produk (X1),Harga (X2),Citra Merek (X3) dan Promosi (X4). Variabel dependent adalah Keputusan Pembelian (Y) Smartphone Samsung Jenis Android pada Mahasiswa STIE Malangku?e?wara Malang. Sampel berjumlah 80 responden yang diambil dengan menggunakan teknik accidental Sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda hasilnya yaitu, Y= 1,450 + 0,201 X1 + 0,179 X2 + 0,338 X3 + 0,330 X4 . Variabel independen yang paling besar berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel citra merek (0,338), diikuti oleh variabel promosi (0,330) , variabel kualitas produk (0,201) dan yang terakhir adalah variabel harga (0,179). Koefisien deteminasinya (adjusted R2) sebesar 0,587 atau 58,7% artinya model koefisien determinasi bagus. Citra merek menunjukkan koefisien regresi paling besar. citra merek adalah faktor paling penting yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Faktor penting kedua adalah promosi, faktor penting ketiga adalah kualitas produk kemudian harga sebagai faktor keempat yang berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian.