Date: 01-12-2021 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISIS PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK GADGET DI GLOBAL TELESHOP MOG MALANG

Detail
Author FEBRI BIMA SANUKA
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Faktor-faktor psikologis menjadi hal yang penting dalam pembelian gadget, karena konsumen memperhatikan betul tentang dampak positif maupun dampak negatif dari penggunaan gadget. Jika dampak negatifnya cukup besar maka konsumen akan membatalkan keputusannya untuk membeli gadget. Oleh karena itu, pemahaman terhadap faktor psikologis merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi perusahaan dalam mempelajari perilaku konsumen, agar produk gadget yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Apabila produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, maka konsumen akan tertarik dan selanjutnya terpengaruh untuk menggunakan jasa yang ditawarkan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis meliputi motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian produk Gadget Di Global Teleshop MOG Malang serta untuk mengetahui pengaruh yang dominan. Populasi adalah pembeli Produk Gadget Di Global Teleshop MOG Malang. pada bulan Pebruari tahun 2014 dalam 1 minggu rata-rata terdapat 75 orang pembeli, jadi dalam satu bulan diperkirakan 300 orang dan diambil 60 sebagai sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda, uji F dan uji t. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap baik secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Gadget Di Global Teleshop MOG Malang, dan pembelajaran merupakan variable psikologis yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Faktor psikologis (motivasi, persepsi, pembelajaran dan keyakinan dan sikap) memiliki kontribusi terhadap Keputusan Pembelian Produk Gadget sebesar 81.5% dan sisanya 18.5% dipengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak diteliti. Terkait dengan hasil tersebut, sudah diketahui bahwa konsumen meyakini bahwa menggunakan gadget sudah menjadi kebutuhan, kebanggaan dan dapat meningkatkan kelas sosialnya, oleh karena itu Global teleshop hendaknya terus menyediakan produk-porduk gadget yang baru (produk baru) dari berbagai merek yang lebih inovatif, modern (canggih)