Date: 01-12-2021 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

KEPUASAN KONSUMEN MAMPU MEMEDIASI PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi pada Konsumen Pasar Tradisional Lawang) Tahun 2013/2014

Detail
Author Khudiaz Arly Rossiana
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui apakah aplikasi marketing mix dapat berpengaruh langsung kepada loyalitas konsumen pasar tradisional Lawang, dan untuk mengetahui apakah tingkat kepuasan konsumen dapat memediasi antara aplikasi marketing mix terhadap loyalitas konsumen pasar tradisional di Lawang. Populasi dalam penelitian adalah konsumen pasar tradisional Lawang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling yaitu pengambilan sampel secara kebetulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Marketing Mix memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen serta terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Adanya variabel Kepuasan Konsumen memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Loyalitas dan Variabel Marketing Mix memberikan pengaruh total yang positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Pada hasil pengujian efek mediasi variabel Kepuasan Konsumen, dijelaskan bahwa variabel Kepuasan Konsumen (X2) memberikan efek partial mediation pada jalur pengaruh Marketing Mix terhadap Loyalitas Konsumen.