Date: 01-12-2021 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MERK HONDA DI STIE MALANGKU?E?WARA MALANG

Detail
Author Sheila Nabillah Wachid
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh sejauh mana bauran pemasaran, yakni product, price, place dan promotion mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam membeli motor merek Honda di lingkungan mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang. Tujuan dari penelitian ini, adalah pertama untuk mengetahui pengaruh secara simultan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek honda. Kedua untuk mengetahui pengaruh secara parsial bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek honda Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian korelasional (correlation research). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE Malangkuçeçwara dari angkatan 2010 – 2013 yang masih aktif, yaitu sebanyak ± 800 orang responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling dan jumlah sampel minimal yang diambil dalam penelitian ini adalah 80 responden. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah metode statistik dengan menggunakan program SPSS. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, uji F dan uji t. Hasil penelitian membuktikan bahwa peubah produk (X1), harga (X2), promosi (X3), tempat (X4) secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek honda (Y). Hasil penelitian juga membuktikan bahwa peubah peubah produk (X1), harga (X2), promosi (X3), tempat (X4) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek honda (Y). Hasil penelitian menunjukkan peubah harga paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda pada mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang dibandingkan dengan variabel lain. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 58,1 % Rasa keputusan pembelian sepeda motor merek Honda pada mahasiswa STIE Malangkucecwara Malang dipengaruhi oleh peubah produk, harga, promosi, tempat dan sisanya sebesar 41,9 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.