Date: 21-09-2021 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK KOSMETIK (STUDI KASUS PADA MAHASISWI STIE MALANGKUÇEÇWARA MALANG) ABSTRAKSI

Detail
Author Danang
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Kondisi pasar yang dinamis dengan berbagai produk yang ditawarkan menyebabkan konsumen semakin pintar dan selektif dalam memilih produk yang akan dibeli tidak terkecuali dalam pembelian kosmetik atau alat kecantikan khususnya perempuan. Berbagai macam pilihan merek yang ditawarkan oleh produsen, seperti Viva, Sari Ayu, Al Tulip, Avon dan berbagai merek lainnya memudahkan konsumen untuk berpindah merek sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Perpindahan merek (brand switching) adalah pola pembelian yang dikarakteristikkan dengan perubahan atau pergantian dari satu merek ke merek yang lain. Perpindahan tersebut diantaranya dipengaruhi faktor harga, kualitas produk, kebutuhan mencari variasi dan iklan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, kebutuhan mencari variasi dan iklan terhadap keputusan perpindahan merek kosmetik oleh mahasiswa di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkuçeçwara Malang. Populasi penelitian adalah mahasiswi di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkuçeçwara Malang sebanyak 500 yang diambil 83 orang sebagai sampel penelitian. Dengan teknik analisis regresi berganda, hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Harga, kualitas produk, kebutuhan mencari variasi dan iklan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek. Apabila ada produk kosmetik lain yang harganya lebih sesuai, kualitas produk lebih baik dan diiklan secara gencar serta ada rasa bosan dalam diri konsumen, maka perpindahan merek yang dilakukan konsumen juga akan tinggi. Besarnya proporsi peubah harga, kualitas produk, kebutuhan mencari variasi dan iklan terhadap perpindahan merek sebesar 64.1% dan sisanya 35.9% dipengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak diteliti. Dari hasil analisis secara parsial, dapat disimpulkan bahwa: Harga berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek, Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek, Kebutuhan mencari variasi berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek, iklan berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek. Kualitas produk menjadi pertimbangan utama (dominan) bagi konsumen yang mengambil keputusan untuk berpindah merek produk kosmetik.