Date: 21-09-2021 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH KUALITAS PRODUK, FITUR PRODUK, DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK SAMSUNG (JENIS ANDROID) DI STIE MALANGKUCECWARA MALANG

Detail
Author Ayu Mei Wahyuni
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan terjadinya persaingan bisnis. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya produsen dengan menciptakan berbagai produk HP dengan inovasi-inovasi baru yang lebih canggih dan berkualitas dengan maksud untuk mempermudah konsumen dalam berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan; 1) untuk mengetahui pengaruh kualitas, fitur dan desain produk terhadap keputusan pembelian HP Samsung secara simultan, 2) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian HP Samsung secara parsial, 3) untuk mengetahui pengaruh fitur produk terhadap keputusan pembelian HP Samsung secara parsial, 4) untuk mengetahui pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian HP Samsung secara parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua atau beberapa variabel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel secara sengaja, yaitu peneliti menentukan sendiri sampel yang diambil karena ada pertimbangan tertentu.Jadi sampel tidak diambil secara acak, tetapi ditentukan sendiri oleh peneliti. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa/Mahasiswi STIE Malangkucecwara Malang angkatan 2010-2012. Dengan jumlah populasi yaitu sebanyak 784 orang. Dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 10% dari jumlah populasi tiap angkatan yaitu dengan jumlah 78 sampel. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan semua variable independen (X) yang terdiri dari kualitas produk, fitur produk, dan desain produk berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap variable dependen (Y). Secara parsial variable independen (X) yang terdiri dari; kualitas produk, fitur produk, desain produk. Hanya kualitas produk (X1) dan desain produk (X3) yang mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk HP Samsung. Sedangkan variable fitur produk (X2) tidak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk variable yang paling dominan yaitu variable Desain produk (X3). Sehingga penelitian ini bertentangan dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa variable Kualitas produk yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian.