Date: 30-10-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH SOSIALISASI PAJAK, INTERNAL BRANDING, EKSTERNAL BRANDING DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI

Detail
Author YULIUS CHANDRA
Category Akuntansi Manajemen dan SIA

Abstract

Penelitian dilakukan pada Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) dengan pekerjaan bebas di Desa Sumberanyar Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo dengan menyebarkan kuesioner kepada Wajib Pajak langsung sebanyak 50 kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis) dengan tujuan menganalisis hubungan antar variabel guna mengetahui ada tidaknya pengaruh langsung dan tidak langsung variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil analisis menunjukkan bahwa Hipotesis I dapat diterima yang ditunjukkan nilai beta variabel bebas Sosialisasi Pajak (X1), Internal Branding (X2) positif dan berpengaruh langsung terhadap Kesadaran Pajak (X4) namun tidak signifikan (nilai sig. tiap variabel bebas > 0,05) kecuali Eksternal Branding (X3) berpengaruh negatif (berbanding terbalik) terhadap Kesadaran Pajak (X4) . Hipotesis 2 juga dapat diterima yaitu Sosialisasi Pajak (X1), Internal Branding (X2), Eksternal Branding (X3) dan Kesadaran Pajak (X4) berpengaruh langsung terhadap Kepatuhan Pajak (Y) dan signifikan (nilai sig. tiap variabel < 5%). Hipotesis III ditolak, sebab dari hasil pengujian hipotesis didapat bahwa pengaruh langsung sosialisasi pajak (X1), Internal Branding (X2) dan Eksternal Branding (X3) terhadap Kepatuhan pajak (Y) lebih besar daripada pengaruh tidak langsung sosialisasi pajak (X1), Internal Branding (X2) dan Eksternal Branding (X3) terhadap Kepatuhan pajak (Y) melalui Kesadaran Pajak (X4).