Date: 04-08-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISIS SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) GUNA MENINGKATKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN

Detail
Author ALVALINA FADHILAH ARINI
Category Akuntansi Manajemen dan SIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Supply Chain Management (SCM) dan Customer Relationship Management (CRM) pada PT. Dwipa Pesona Sejahtera dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi perusahaan dalam meningkatkan laba melalui penerapan SCM dan CRM yang baik. Hubungan yang baik dengan supplier melalui SCM dan dengan customer melalui CRM dapat meningkatkan laba perusahaan. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan sumber data primer yang berasal dari PT. Dwipa Pesona Sejahtera. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti melakukan wawancara terhadap branch manager dan para staf yang ada di PT. Dwipa Pesona Sejahtera Kartasura / Solo. Berdasarkan analisis penerapan Supply Chain Management (SCM) dan Customer Relationship Management (CRM), saat ini PT. Dwipa Pesona Sejahtera di Kartasura / Solo sudah merapkan SCM dan CRM dengan baik dan tepat, sehingga profitabilitas perusahaan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan melalui menjaga hubungan yang baik dengan supplier dan customer, mempersingkat waktu pengiriman dan menekan biaya transaksi. PT. Dwipa diharapkan harus lebih meningkatkan angka penjualan dengan menggunakan teknologi berbasis WEB dalam memasarkan produk yang ada guna lebih menghemat biaya pemasaran yang berdampak pada kenaikan profit perusahaan. Untuk mengatasi overstock PT. Dwipa Pesona Sejahtera di Kartasura / Solo dalam sistem pengiriman barang diharapkan harus lebih terintegrasi antara konsumen, PT. Dwipa Pesona Sejahtera dan supplier.