Date: 13-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH HARGA, PROMOI PENJUUALAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN TIKET KIRANA TOUR & TRAVEL MALANG

Detail
Author Ukhti Luthfiani
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan bisnis transportasi jasa dari waktu ke waktu yang semakin ketat, sehingga perusahaan harus membuat strategi pemasaran baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah “Apakah faktor harga, promosi penjualan dan kualiatas pelayanan terhadap volume penjualan pada Kirana tour & travel Malang?”. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian tiket Kirana tour & travel Malang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel, harga (X1) promosi penjualan (X2) dan kualitas pelayanan (X3) terhadap volume penjualan (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulakan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang responden pelanggan Kirana tour & travel Malang dengan menggunakan metode accidental sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan realibilitas, uji hipotesis lewat uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas dan uji realibiliatas diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: (Y = 1,655 + 0,226 X1 + 0,241 X2 + 0,276 X3). Hasil analisis mendapatkan bahwa kedua faktor harg, promosi penjualan dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa dua variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen volume penjualan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel harga, promosi penjualan dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara bersama-sama dalam volume penjualan. Angka Adjusted R square sebesar 0,372 menunjukkan bahwa 37,2 persen variasi volume penjualan bisa dijelaskan oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 63,8 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.