Date: 20-01-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH ADVERTISING, MARKETING PUBLIC RELATION (MPR), DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PERDANA SIMPATI

Detail
Author Margareth Sally Franendra,
Category Manajemen Sumber Daya Manusia

Abstract

Dalam penelitian ini, kartu perdana Simpati dipilih sebagai obyek penelitian karena Simpati banyak digunakan di kalangan masyarakat terutama mahasiswa. Faktor advertising, marketing public relation dan sales promotion perlu diperhatikan juga dalam memasarkan kartu perdana Simpati, mengingat kartu perdana yang lain juga memiliki keunggulan tersendiri untuk bersaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh secara simultan dan pengaruh secara parsial Advertising, Marketing Public Relation dan Sales Promotion terhadap keputusan pembelian Kartu Perdana Simpati. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE Malangkucecwara angkatan tahun 2011- 2014 yang menggunakan atau membeli kartu perdana Simpati, sedangkan sampel dalama penelitian ini diambil sebanyak 85 sampel (responden) dari populasi. Untuk kuesioner telah melalui uji validitas dan realibilitas dan teknik analisis datanya menggunakan uji asumsi klasik dan normalitas. Dari hasil analisis, dapat ditarik kesimpulan bahwa Advertising, Marketing Public Relation dan Sales Promotion memiliki hubungan yang sangat erat dengan keputusan pembelian karena ketiga variable tersebut memberikan kontribusi pada perubahan keputusan pembelian sebesar 66,9% dan sisanya 33,1% dipengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak diteliti. Dari hasil penelitian ini juga dapat disimpulkan bahwa Marketing Public Relation memiliki pengaruh dominan terhadap peubah keputusan pembelian.