Date: 07-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISIS PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY HARYOSO PUTRO JATMIKO

Detail
Author HARYOSO PUTRO JATMIKO
Category Akuntansi Manajemen dan SIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh earnings management terhadap level Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan selain manufaktur, perbankan, dan lembaga keuangan selain bank yang terdaftar di BEI pada periode 2011-2013. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis enam faktor yang ditenggarai menjadi penyebab dilakukannya earnings management oleh para manajer selaku agent perusahaan, yaitu discretionary accruals (DACC), ukuran perusahaan, jumlah dewan komisaris, konsentrasi kepemilikan, kepemilikan institusional, serta leverage. Pengaruh earnings management pada CSR dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi berganda dengan metode ordinary least-square. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa tindakan earnings management yang diakibatkan oleh kepentingan para manajer terkait dengan insentif yang akan didapatkannya diduga memiliki pengaruh terhadap aktivitas CSR yang dilakukan oleh perusahaan. Hal ini sesuai dengan teori agensi yang ada dalam ilmu teori akuntansi positif. CSR dipandang sebagai salah satu strategi pengalihan bagi para manajer pada saat mereka melakukan earnings management yang pada akhirnya seringkali merusak kepentingan para stakeholders.