Date: 20-01-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH BRAND EQUITY DAN PRODUCT CHARACTERISTICS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID

Detail
Author S U S Y
Category Manajemen Sumber Daya Manusia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari variabel Brand Equity dan Product Characteristics terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi STIE Malangkuçeçwara Malang angkatan 2013 s.d 2014 dan diambil 85 orang sebagai anggota sampel. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan uji signifikan F dan t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dari variabel Brand Loyalty (X1), Perceived Quality (X2), Brand Association (X3), Brand Awareness (X4) dan Product Characteristics (X5) terhadap keputusan pembelian smartphone android (Y). Hal ini dapat dilihat dari hasil uji F menunjukkan F hitung sebesar 23,617 dan F tabel 2,32 dapat dikatakan bahwa pengaruh yang terjadi tersebut signifikan karena F hitung lebih besar dari F tabel dengan tingkat signifikan lebih kecil dari ?=5%, maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dari variabel Brand Loyalty (X1), Perceived Quality (X2), Brand Association (X3), Brand Awareness (X4) dan Product Characteristics (X5) berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone android (Y). Hasil uji t menunjukkan bahwa t hitung variabel Brand Loyalty (X1) sebesar 2,963 (p=0,004), Perceived quality (X2) sebesar 5,257 (p=0,000), Brand association (X3) sebesar 2,824 (p=0,006), Brand awareness (X4) sebesar 3,110 (p=0,003) dan Product Characteristics (X5) sebesar 2,787 (p=0,007) lebih besar (>) dari t tabel 1,662 atau mempunyai tingkat signifikan lebih kecil (<) dari ?=5%, maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Perceived quality (X2) berpengaruh dominan terhadap keputusan mahasiswa dalam membeli Smartphone dibandingkan dengan variabel lain. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai koefisien regresi variabel Perceived quality (X2) mempunyai nilai koefisien lebih besar yaitu sebesar 0,226 dibandingkan variabel lainnya. Hasil uji determinasi (R2) yaitu sebesar 0,599 artinya 59,9% keputusan mahasiswa dalam membeli Smartphone mampu dijelaskan oleh Brand Loyalty (X1), Perceived Quality (X2), Brand Association (X3), Brand Awareness (X4) dan Product Characteristics (X5), sisanya sebesar 40,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.