Date: 13-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH HARGA, BRAND IMAGE DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TELEPON SELULER BLACKBERRY

Detail
Author YUNITA MIA RAHAYU
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, brand image dan atribut produk secara simultan terhadap keputusan pembelian Telepon Seluler Blackberry dan mengetahui pengaruh harga, brand image dan atribut produk secara parsial terhadap keputusan pembelian Telepon Seluler Blackberry. Populasinya pada penelitian ini adalah Mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang yang menggunakan telepon seluler Blackberry. jumlah sampel penelitian ini adalah 80 responden dengan harapan jumlah sampel tersebut dapat mewakili seluruh populasi yang ada. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis menyimpulkan bahwa (1) Hipotesis I yang menduga harga (X1), brand image (X2) dan atribut produk (X3) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y) telepon seluler Blackberry dapat diterima. (F hitung = 58.526 > F tabel = 2.49). (2) Harga, brand image dan atribut produk memiliki hubungan yang sangat erat dengan keputusan pembelian (R mendekati 1). (3) Besarnya sumbangan harga, brand image dan atribut produk terhadap keputusan pembelian sebesar 69.8% dan sisanya 30.2% dipengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak diteliti. Dari hasil analisis secara parsial disimpulkan bahwa: (1) harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap peubah keputusan pembelian. (2) brand image mempunyai pengaruh signifikan terhadap peubah keputusan pembelian (3) atribut produk mempunyai pengaruh signifikan terhadap peubah keputusan pembelian. Atribut produk memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian karena memiliki koefisien regresi yang paling besar yaitu 0,475 dibandingkan variabel yang lainnya..