Date: 06-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

Analisis Strategi Penjualan Alat Pembersih Merek NIPPON ANLU(Pendekatan SWOT Analisis,Studi Kasus CV.SURYA SAKTI)

Detail
Author Kevin Dhani Wijaya
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengembangan strategi dari perusahaan CV.Surya Sakti. Dengan demikian saya sebagai penulis dan peneliti melakukan penilaian terhadap perusahaan ini dengan menggunakan SWOT analisis guna untuk menemukan strategi yang cocok untuk digunakan pengembangan perusahaan ini. Analisis SWOT adalah sebuah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats terlibat dalam suatu proyek atau dalam bisnis usaha. Hal ini melibatkan penentuan tujuan usaha bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang baik dan menguntungkan untuk mencapai tujuan itu. Proses dari penilaian perusahaan ini dilakukan dengan melihat faktor internal dan eksternal , baik yang faktor internal adalah kekuatan (stranght ) dan kelemahan ( weaknesses ) ,faktor eksternal adalah peluang (opportunities ) dan ancaman ( theart ). Kemudian baru kita mendapatkan hasil dan dapat menentukan tindakan lebih lanjut untuk menentukan strategi yang akan digunakan. Hasil yang saya dapat setelah melakukan observasi dan wawancara serta hasil riset menyatakan bahwa CV.Surya Sakti berada pada kondisi kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) perusahaan yang kemudian dihadapkan pada peluang (opportunity) dan ancaman (threat) yang digambarkan oleh matrix space menunjukkan bahwa CV Surya Sakti dalam posisi pada kuadran IV yakni antara weakness dan opportunity, dengan demikian pilihan yang tepat adalah stabilization strategy antara lain dengan : (1) minimizing internal problems, dan (2) turn-around oriented program (Pearce II et.al, 2007).