Date: 24-01-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

Analisis Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Memilih Sekolah di SMK Merdeka Lawang

Detail
Author Ismatu Juwariyah
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Malang merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi pusat perkembangan pendidikan. Banyak terdapat lembaga pendidikan yang menawarkan jasanya dengan beraneka ragam. Karena Pendidikan adalah salah satu alat yang strategis untuk meningkatkan mutu sumber daya masyarakat. Melalui pendidikan manusia menjadi cerdas, memiliki kemampuan, sikap yang baik dan dapat bergaul dengan baik di masyarakat. Perkembangan pendidikan yang mampu bersaing di dunia kerja yang lebih kompeten ini ditunjukan dengan adanya perkembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kompetitor dari lembaga pendidikan selain perbedaan status swasta dan negeri, SMK pendatang baru juga akan menjadi pesaing dari dalam mupun luar kota. Untuk menghadapi hal tersebut, pihak pengelola Lembaga pendidikan termasuk SMK Merdeka Lawang harus dapat mengetahui keinginan dan kebutuhan masyarakat sebagai konsumen sehingga dapat memberikan kepada konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana variable bauran pemasaran jasa yang terdiri Product, price, place, promotion, people, pocess, dan Physical Evidence mempunyai pengaruh terhadap keputusan memilih sekolah di SMK Merdeka Lawang secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah pelajar SMK Merdeka Lawang angkatan 2015/2016, dengan teknik pengambilan sample Accidantial sampling yaitu teknik pengambilan sample secara kebetulan. Jumlah sample yang ditemui oleh peneliti yaitu sebanyak 71 responden. Hasil dari penelitian ini setelah diadakan pengujian terhadap 71 responden dengan menggunakan SPSS, diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,744 menunjukan Produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik secara simultan mempunyai hubungan yang kuat terhadap keputusan para pelajar SMK Merdeka Lawang . Adjusted R Square sebesar 0,503 dapat dijelaskan bahwa 50,3% keputusan para pelajar SMK Merdeka Lawang dapat dijelaskan oleh peubah Produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik dan 49,7% disebabkan oleh peubah lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Hasil pengujian Hipotesis membuktikan bahwa peubah Bukti fisik (X7) berpengaruh dominan terhadap keputusan memilih sekolah di SMK Merdeka Lawang (Y). Dari hasil Koefisien sebesar 0,513 lebih besar daripada peubah bebas lainnya artinya bahwa peubah bebas berpengaruh dominan terhadap keputusan memilih sekolah di SMK Merdeka Lawang.