Date: 24-01-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING MIX PADA CV. LAPINDA JAYA

Detail
Author Arifaziz Ibrahim Tuasikal
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh sejauh mana bauran pemasaran, yakni product, price, place dan promotion yang digunakan dengan maksimal oleh CV Lapinda Jaya. Tujuan dari penelitian ini, adalah mengetahui bagaimana penerapan strategi marketing mix yang di terapkan oleh CV Lapinda Jaya sudah maksimal atau masih memerlukan perbaikan. Objek dalam penelitian ini adalah CV Lapinda Jaya. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi pada perusahaan. Hasil penelitian membuktikan bahwa Strategi bauran pemasaran ( marketing mix ) yang meliputi product, price, promotion dan place ( 4P ) yang sebelumnya telah menentukan pasar sasaran. Setiap barang yang dikirimkan kepada konsumen selalu dalam keadaan baik dan memenuhi kriteria pemesanan yang diingkan oleh konsumen, sehingga konsumen selalu merasa puas terhadap kualitas barang yang di berikan oleh CV Lapinda Jaya. Harga yang ditetapkan oleh CV Lapinda Jaya selalu sesuai dengan keinginan konsumen, dikarenakan untuk menentukan harga selalu dilakukan diskusi terlebih dahulu, sehingga konsumen bisa menawar harga dan CV Lapinda Jaya mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Promosi yang dilakukan oleh perusahaan belum maksimal, perusahaan hanya menggunakan personal selling dalam mempromosikan perusahaannya. Sistem pendistribusian yang di lakukan oleh perusahaan sudah sangat efektif. Dengan menggunakan distribusi ini perusahaan dapat memotong biaya, jika jalur distribusi semakin banyak, maka biaya yang di keluarkan pun semakin besar, dengan demikian harga yang di tawarkan ke konsumen akan semakin mahal.