Date: 20-10-2021 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

“STRATEGI ALOKASI INVESTASI BERDASARKAN KINERJA PERUSAHAAN”

Detail
Author Elda Yuli Octhavia
Category Manajemen Perbankan

Abstract

Kepuasan Pelanggan adalah indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan kepuasan pelanggan yang rendah akan dampak terhadap jumlah kunjungan yang akan mempengaruhi provibilitas fasilitas kesehatan tersebut, sedangkan sikap karyawan terhadap pasien juga akan berdampak pada kepuasaan pelanggan ( pasien ) dimana kebutuhan pelanggan dari waktu ke waktu akan meninggakat, begitupula tuntutannya akan mutu pelayan yang diberikan. Perkembangan pemasaran berawal dari tukar-menukar barang secara sederhana tanpa menggunakan alat tukar berupa uang ataupun logam mulia. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, maka semakin dibutuhkannya suatu alat tukar yang berlaku umum dan untuk itulah diciptakannya uang. Disamping itu manusia juga memerlukan jasa yang mengurus hal-hal tertentu, sehingga jasa menjadi bagian utama dalam pemasaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif -kuantitatif menggunakan kinerja perusahaan beriorentasi pada kepuasan pelanggan dengan metode IPA ( Importance Performance Analysis ) ( John A. Martila and John C. James 1977 : 77-79 ) atau analisis tingkat kepentingan dan kinerja kepuasan pelanggan .Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalahpengambilan sampel secara kebetulan (accidental sampling), teknik inidilakukan apabila pemilihan anggota sampelnya dilakukan terhadap pelanggan dari Rumah Sakit Prima Husada MalangMalang yang secara kebetulan dijumpai. a.i.2. Dengan melihat hasil perhitungan servqual, sebagian besar atribut bernilai negative dan gap rata-rata ( -1,65 ) yakni pasien sangat kurang puas terhadap atribut pelayanan kepada pasien tanpa melihat status sosial sedangkan pasien sudah merasa puas dengan nilai gap ( 0,15 ) yakni di atribut Ruang tunggu dan fasilitas sudah lengkap dan nyaman