Date: 06-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN, PEMERIKSAAN, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK (Studi Empiris pada WPOP di KPP Pratama Batu)

Detail
Author MAULIDA MARIYAH ULFAH
Category Akuntansi Manajemen dan SIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sosialisasi perpajakan, kualitas pelayanan, pemeriksaan, dan sanksi pajak secara simultan berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar pajak serta variable manakah diantara sosialisasi perpajakan, kualitas pelayanan, pemeriksaan, dan sanksi pajak yang berpengaruh paling signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu.Sample dalam penelitian ini berjumlah 100 responden.Data diperoleh melalui kuesioner.Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan sosialisasi perpajakan, kualitas pelayanan, pemeriksaan, dan sanksi secara simultan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa secara parsial keempat variable bebas yaitu sosialisasi perpajakan, kualitas pelayanan, pemeriksaan, dan sanksi pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak dan yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepatuhan Wajib Pajak adalah variable sosialisasi perpajakan.