Date: 15-08-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

Strategi Pemasaran PADA Umar Farm

Detail
Author Saiful Rizal
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Umar Farm sebagai pengusaha peternakan ayam petelur sangat perlu mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam persaingan hal ini akan sangat membantu dalam mengenali diri, serta memanfaatkan setiap peluang yang ada dan menghindari atau meminimalkan resiko kerugian. Dimana strategi pemasaran merupakan upaya mencari posisi pemasaran yang menguntungkan. Oleh karena itu melalui penelitian dengan judul Strategi Pemasaran Pada Umar Farm, peneliti bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Umar Farm. Jenis penelitian ini tergolong penelitian diskriptif kualitatif yang dilakukan di Umar Farm yang berlokasi di Jalan Raya Situbondo, Wongsorejo, Banyuwangi. Dipilihnya lokasi penelitian disini dengan pertimbangan bahwa Umar Farm sebagai salah satu industri menengah yang bergerak di bidang perunggasan (peternakan ayam petelur, pedaging) dan memiliki kemampuan stabil dalam menghadapi kondisi pasang surut industri perunggasan peternakan ayam. Teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan Umar Farm, peneliti menggunakan teknik Diskriptif Kualitatif dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan Umar Farm dalam menghadapi para pesaing saat ini adalah : (1) Strategi Harga : Penentuan harga produk tergantung dari jumlah biaya yang telah dikeluarkan untuk memperoleh produk, (2) Strategi Produk: mengandalkan kualitas produk yang dimiliki, (3) Strategi Pelayanan Pelanggan: mengutamakan pelayanan terhadap para pelanggan. Hasil penelitian ini juga dapat disarankan bagi pemilik harus senantiasa mengamati perubahan situasi ekternal dan perkembangan usahanya agar dapat menganalisa apakah strategi yang digunakan masih sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini agar misi dan visi perusahaan dapat tercapai. Bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi, agar dapat memberikan pelatihan dan pengetahuan tentang ternak ayam ras petelur serta memperbanyak pelaksanaannya dan di gratiskan pada setiap daerah di wilayah Banyuwangi untuk mendorong masyarakat khususnya di desa Wongsorejo dan daerah lain umumnya, untuk menjadi peternak ayam ras petelur. Agar mereka bisa membuka lapangan kerja baru dan bisa mengurangi angka pengangguran di daerah kabupaten Banyuwangi.