Date: 02-12-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

STRATEGI MEMINIMALISASI KREDIT MACET PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT

Detail
Author Nonni Inggrit Herdyanti
Category Manajemen Perbankan

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui strategi yang telah dilakukan oleh Bank Perkreditan Rakyat Gunung Arjuno Malang dan memberi saran perbaikan dalam meminimalisasi kredit macet pada BPR Gunung Arjuno Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu metode yang berdasarkan fakta yang ada di lapangan untuk dianalisis berdasarkan teori sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan terhadap penyelesaian permasalahannya. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan karyawan yang berhubungan dengan kredit yaitu Kabag kredit, Analis Kredit, Bagian Penagih. Kredit dapat dikatakan bermasalah atau tidak dapat dilihat dari tingkat kolektibilitas kredit. Faktor timbulnya kredit macet secara umum disebabkan oleh tidak valid, salah menganalisa, atau faktor lain yang menyebabkan debitur secara tiba- tiba tidak dapat melunasi pinjamannya dikarenakan nasabah di PHK, adanya komunikasi yang kurang baik antar bagian kredit. Beberapa saran perbaikan untuk meminimalisasi kredit macet di BPR secara umum Pihak BPR Gunung Arjuna Malang hendaknya terus- menerus untuk melakukan pencegahan untuk mengurangi kredit macet pada BPR dengan menerapkan 5C (character, capacity, capital, collateral, condition), memperbaiki proses kredit terutama terkait meningkatkan validitas data kredit seperti kevalidan data dan barang yang dijaminkan, memperbaiki sistem komunikasinya antar bagian kredit,