Date: 08-08-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH BAURAN PROMOSI JASA PENDIDIKAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH STIE MALANGKU?E?WARA DENGAN KELOMPOK REFRENSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Detail
Author David Karnadi Santoso
Category Manajemen Perbankan

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan tidak bisa lepas dari tuntutan global, pengaruh teknologi dan kompetisi. Semakin ketatnya persaingan membuat setiap individu harus memperbaiki kualitas dirinya, salah satunya dengan menempuh pendidikan untuk memperluas pengetahuan dan wawasan. Jika dijaman dahulu pendidikan hanya diperuntukan bagi kaum bangsawan dan orang yang mempunyai status sosial yang tinggi, sekarang ini semua orang memiliki hak memperoleh pendidikan yang sama, seperti yang diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1,2 dan pasal 32. Pasal 31 ayat satu (1) berbunyi “Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan “ dan ayat dua (2) berbunyi “Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya”. Pasal 32 ayat satu (1) berbunyi “Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya” . Dengan harapan besar pemerintah menginginkan masyarakatnya mempunyai kesadaran untuk memperoleh pendidikan setinggi mungkin.Dengan melihat perkembangan ini, maka pihak perguruan tinggi perlu menyusun strategi pemasaran untuk memenangkan persaingan dan peneliti beranggapan bahwa penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mahasiswa memilih PTS, sangat diperlukan terutama dalam strategi bauran promosi untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah mahasiswa di masa yang akan datang.Berdasarkan hasil penelitian ini dan pembahasan, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut.(1). Terdapat pengaruh langsung bauran promosi terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi STIE Malangku?e?wara. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 7,658 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefesien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,5962. (2)Terdapat pengaruh bauran promosi terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi STIE Malangku?e?wara yang dimediasi kelompok refrensi. Hal ini dibuktikan dari koefesien mediasi sebesar 0,0909 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,0170; nilai tersebut lebih kecil dari 0,05