Date: 23-11-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH BAURAN PEMASARAN ECERAN (RETAILING MIX) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI HYPERMART DI KOTA MALANG

Detail
Author Muhammad Imaduddin
Category Manajemen Pemasaran

Abstract

Perkembangan teknologi modern memberikan dampak kehidupan yang menjadi semakin lebih praktis, cepat, dan ekonomis. Seiring dengan perkembangan teknologi tersebut, keberadaan bisnis ritel modern menjadi semakin penting karena adanya pergeseran pola belanja masyarakat yang lebih suka berbelanja di pasar ritel modern seperti minimarket, supermarket atau hipermarket. Masyarakat menjadi lebih gemar untuk berbelanja di pasar ritel modern dimana masyarakat bisa mendapatkan kepraktisan dan kecepatan dalam berbelanja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bauran pemasaran ritel yang terdiri dari Merchandising, Basic principles, dan Services secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hypermart di Kota Malang, dan untuk menganalisis manakah diantara variabel Merchandising, Basic principles, dan Services yang berpengaruh dominan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hypermart di Kota Malang Jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Pengambilan sampel atau teknik penarikan sampel yang digunakan peneliti ini adalah accidental sampling. Hasil pengujian membuktikan bahwa variabel bebas yang terdiri atas Merchandising, Basic Principles, Service, secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen berbelanja di Hypermart. Hasil penelitian membuktikan bahwa Merchandising mempunyai pengaruh dominan terhadap Kepuasan Konsumen Berbelanja di Hypermart .