Date: 06-12-2019 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN AKIBAT PERBEDAAN BACKGROUND SMA MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH FUNDAMENTAL ACCOUNTING 1

Detail
Author Didit Irwan Fauzi
Category Akuntansi dan Bisnis Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji tingkat pemahaman akibat perbedaan background SMA mahasiswa terhadap mata kuliah fundamental accounting 1 dilihat dengan menggunakan indikator persamaan dasar akuntansi, jurnal transaksi, jurnal penyesuaian, worksheet dan laporan keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan teknik stratified random sampling dalam pengumpulan data. Data diperoleh dari data primer sejumlah 75 responden yang merupakan mahasiswa semester 2 STIE Malangkucecwara d/h ABM Malang. Analisis data dengan uji One Way- ANOVA menggunakan program SPPS versi 19. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa dari lima hipotesis yang diajukan semuanya ditolak. Hal tersebut ditunjjukkan dengan H1 dari hasil uji pada ANOVA diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara tingkat pemahaman akibat perbedaan background SMA mahasiswa terhadap persamaan dasar akuntansi dikarenakan nilai signifikan dalam ANOVA sebesar 0,207 yaitu lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. H2 dari hasil uji pada ANOVA diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara tingkat pemahaman akibat perbedaan background SMA mahasiswa terhadap jurnal transaksi dikarenakan nilai signifikan dalam ANOVA sebesar 0,704 yaitu lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. H3 dari hasil uji pada ANOVA diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara tingkat pemahaman akibat perbedaan background SMA mahasiswa terhadap jurnal penyesuaian dikarenakan nilai signifikan dalam ANOVA sebesar 0,848 yaitu lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. H4 dari hasil uji pada ANOVA diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara tingkat pemahaman akibat perbedaan background SMA mahasiswa terhadap worksheet dikarenakan nilai signifikan dalam ANOVA sebesar 0,148 yaitu lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. H5 dari hasil uji pada ANOVA diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara tingkat pemahaman akibat perbedaan background SMA mahasiswa terhadap laporan keuangan dikarenakan nilai signifikan dalam ANOVA sebesar 0,755 yaitu lebih besar dari taraf signifikansi 0,05.