Date: 04-08-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2015 DAN MASUK DALAM KRITERIA CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX (CGPI)

Detail
Author FANCA BELILA IRLANDA MARETA
Category Akuntansi Keuangan dan Auditing

Abstract

Keberadaan perusahaan dalam masyarakat dapat memberikan aspek yang positif dan negatif. Disatu sisi perusahaan menyediakan barang dan jasa yang diperlukan oleh masyarakat. Kegiatan industri juga telah mendorong pertumbuhan ekonomi bagi sebagian masyarakat dengan meningkatnya pendapatan sehingga mendapatkan kesempatan yang lebih besar terhadap pendidikan dan peningkatan standar kehidupan yang lebih baik. Proses produksi yang dilakukan oleh perusahaan memberi peluang kerja bagi masyarakat lokal. Namun demikian dampak negatif yang dapat terjadi yaitu adanya polusi lingkungan, produk yang membahayakan kesehatan, eksploitasi tenaga kerja, dan penggunaan energi yang tidak bertanggung jawab merupakan contoh bentuk negatif yang di timbulkan oleh perusahaan.Aktivitas yang Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah fenomena dan strategi yang digunakan perusahaan untuk mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholdernya. CSR dilakukan untuk menciptakan kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability perusahaan. Tujuan penelitian ini yaitu sebagai berikut: Untuk mendeskripsikan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015 dan masuk dalam kriteria Corporate Governance Perception Index (CGPI). Untuk mendeskripsikan kinerja keuangan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015 dan masuk dalam kriteria Corporate Governance Perception Index (CGPI). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015 dan masuk dalam kriteria Corporate Governance Perception Index (CGPI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Di samping itu, penelitian ini dilakukan dengan maksud explanatory, yaitu penelitian yang menggunakan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis (Singarimbun dan Effendi, 1995:5). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja keuangan. Diketahui nilai ROA dari perusahaan sempel penelitian dari tahun 2013-2015. Nilai ROA terbesar sebesar 17,41% di tahun 2013 perusahaan PT Kalbe Farma Tbk, sedangkan nilai ROA terendah sebesar -4,75% di tahun 2015 diperoleh perusahaan PT. Aneka Tambang, Tbk Diketahui nilai ROE dari perusahaan sempel penelitian dari tahun 2013-2015. Nilai ROE terbesar sebesar 28,38% di tahun 2013 perusahaan PT Astra Graphia Tbk, sedangkan nilai ROA terendah sebesar -6,82% di tahun 2015 diperoleh perusahaan PT Mahaka Media Tbk. diketahui nilai NPM dari perusahaan sempel penelitian dari tahun 2013-2015. Nilai NPM terbesar sebesar 41,59% di tahun 2013 perusahaan PT Bank Central Asia Tbk, sedangkan nilai ROA terendah sebesar -8,23% di tahun 2015 diperoleh perusahaan PT. Aneka Tambang, Tbk. Dari hasil pengujian regresi diketahui bahwa variabel CSR berpengaruh positif terhadap ROA, ROE dan NPM. Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa Variabel CSR berpengaruh terhadap ROA, ROE Dan tidak berpengaruh terhadap NPM.