Date: 04-08-2020 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH AGRESIVITAS PAJAK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Detail
Author Stefani
Category Akuntansi Manajemen dan SIA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh agresivitas pajak terhadap nilai perusahaan serta menganalisis pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan sebagai variabel mediasi antara agresivitas pajak dan nilai perusahaan. Agresivitas pajak dalam penelitian ini diukur dengan Effective Tax Rates (ETR), tanggung jawab sosial perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan standar yang sesuai dengan pedoman Global Reporting Initiatives (GRI) dan nilai perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan rasio Tobins’Q. Data dalam penelitian ini menggunakan 37 perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2012 sampai 2014 dengan menggunakan 111 sampel . Pemilihan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan beberapa kriteria. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji T . Hasil penelitian menunjukkan bahwa agresivitas pajak berpengaruh signifikan atau berpengaruh secara langsung terhadap nilai perusahaan dengan arah berlawananyang berarti jika agresivitas pajak meningkat maka nilai perusahaan akan menurun begitu juga sebaliknya. Dan tanggung jawab sosial perusahaan dapat menjadi variabel mediasi antara agresivitas pajak dan nilai perusahaan. Tanggung jawab sosial perusahaan dapat mengurangi nilai negative antara agresivitas pajak terhadap nilai perusahaan yang berarti dengan melakukan tanggung jawab sosial maka perusahaan dapat mengurangi pandangan negative dari konsumen maupun investor karena telah melakukan agresivitas pajak.